Belajar Investasi untuk Pemula Jangka Pendek

Ketika Anda masih kecil dulu, tentu sudah tidak asing lagi dengan anjuran untuk menabung sejak dini. Hal ini memang benar apabila dipraktekkan ketika sudah dewasa. Kini orang-orang bisa melakukannya melalui berinvestasi. Mulailah dengan belajar investasi untuk pemula jangka pendek.

Jenis Investasi untuk Jangka Pendek

Ada beberapa tujuan, kelebihan dan resikonya tersendiri apabila Anda memutuskan untuk investasi jangka pendek. Waktunya hanya berkisar antara 1 tahun saja sehingga return juga terbilang cepat dicairkan bahkan jumlah keuntungannya juga bisa lebih besar. Berikut ketiga jenisnya:

  1. Deposito

Sudah tidak asing lagi dengan deposito, maka jika ingin tertarik mempraktekkan belajar investasi untuk pemula maka bisa memilih instrument satu ini. Meski mempunyai keuntungan yang terbilang kecil namun sepadan pada tingkat resikonya.

Jika Anda ingin menyiapkan finansial jangka pendek, maka deposito pun juga menjadi pilihan terbaik. Instrumen ini merupakan transaksi yang melibatkan transfer uang ke pihak lain dengan tujuan agar lebih aman.

  1. Reksa dana

Berikutnya ada juga reksa dana yang kini menjadi opsi paling populer bagi investor pemula. Jenis investasi ini terdiri dari beberapa kumpulan yang dimana telah dikumpulkan dari banyak investor guna diinvestasikan dalam sekuritas.

Beberapa contohnya yakni saham,  instrument pasar uang saham, obligasi hingga aset lainnya. Saat ini pun Anda bisa menemukan banyak sekali jenis aplikasi untuk mulai membelinya sehingga berinvestasi menjadi lebih mudah.

  1. P2P Lending

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah P2P Lending, sebenarnya instrument ini bisa menjadi pilihan untuk dilakukan berinvestasi jangka  pendek. OJK pun menyebut jika P2P lending merupakan layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang Rupiah secara langsung.

P2P lending juga dikenal dengan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Kini pertumbuhan P2P Lending akan semakin berkembang pesat sehingga mudah diakses bagi masyarakat jika sulit mendapatkan pinjaman dana.

Beberapa investor memang memilih untuk berinvestasi dalam jangka pendek karena berbagai alasan. Ketiga jensi di atas bisa menjadi pilihan Anda jika ingin melakukannya karena cukup direkomendasikan bagi sebagian besar orang terlebih pada saat belajar investasi untuk pemula.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *