Cara Menanam Terong Untuk Pemula

Cara menanam terong yang baik dan benar tentu perlu diketahui agar menghasilkan terong berkualitas. Khusus untuk para pemula yang ingin mencobanya, jangan khawatir. Karena prosesnya tergolong mudah serta tak perlu melakukan treatment khusus lainnya.

Beberapa Cara Menanam Terong yang Baik dan Benar untuk Pemula

Terong merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat dikenal oleh orang banyak. Sebab, tanaman tersebut menjadi lalapan favorit bagi orang Indonesia khususnya. Itulah mengapa, budidayanya pun cukup memikat sebagian kalangan bahkan pemula. Berikut cara-caranya.

  1. Siapkan Lahan dan Benih Terong

Sebelum masuk dalam proses penanaman, tentu langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan lahan. Sebab, media tanam memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hasil akhirnya nanti. Gunakan tanah gembur dan telah dibersihkan dari gulma.

Selain itu, pastikan juga lahan sudah dibersihkan dari rumput liar sebelum melakukan penanaman. Pilihlah benih terong berkualitas. Biasanya jika Anda membelinya maka akan berupa biji yang nantinya akan ditanam. Pastikan memilih benih yang bagus dan bersih.

  1. Penyemaian dan Penanaman

Cara menanam terong yang baik dan benar berikutnya adalah memahami tentang proses penyemaian. Sebelumnya, rendam terlebih dahulu benih menggunakan air hangat kuku selama 15 menit. Setelah itu, campurkan tanah beserta padi sekam sesuai ketentuannya.

Menurut sangkakala.id, ada baiknya agar Anda memahami terlebih dahulu prosesnya dengan membaca berbagai artikel seputar penanaman. Sebab, pada tahap ini berbagai langkah yang mungkin sedikit membingungkan. Apalagi, untuk para pemula ingin baru saja mencoba.

  1. Masa Panen

Tentu saja untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan diperlukan proses perawatan dengan baik dan benar. Umumnya, penyiraman pada tanaman terong dilakukan setiap dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Jangan lupa agar menambahkan pupuk organik.

sebelum masuk ke proses panen, lakukan pembersihan terlebih dahulu terhadap gulma di sekitar tanaman. Umumnya, masa panen dapat berlangsung kurang lebih pada bulan ketiga terhitung dari awal penanaman. Namun, lebih baik lagi jika di usia empat atau lima bulan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara menanam terong yang baik dan benar khususnya untuk para pemula. Perlu Anda ketahui, hal ini bisa dijadikan salah satu sumber bisnis yang cukup menggiurkan. Pasalnya, minat akan permintaan pasarnya sangat tinggi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *