Cara Nikah Siri Tanpa Sepengatahuan Keluarga

Cara nikah siri tanpa sepengetahuan keluarga tentu sangat bisa dilakukan. Bahkan kebanyakan orang melangsungkan prosesinya hanya dihadiri oleh saksi serta wali saja. Itulah mengapa praktik ini sering disebut dengan menikah dibawah tangan.

Cara Nikah Siri Tanpa Sepengatahuan Keluarga

Pada dasarnya, tanpa sepengetahuan keluarga sekalipun pernikahan siri masih bisa lakukan. Namun, terlepas dari itu tentu tetap wajib memenuhi syarat beserta ketentuan hukum agama Islam. Selama rukun nikah terpenuhi maka dapat berlangsung. Berikut beberapa rukunnya.

  1. Memenuhi Rukun Nikah

Meskipun Anda memutuskan untuk menggunakan penyedia jasa nikah siri Jakarta atau lainnya. Memenuhi rukun nikah adalah perkara wajib. Sekalipun prosesinya tanpa sepengetahuan keluarga, semuanya akan bisa berjalan dengan lancar.

Rukun nikah sendiri terdiri dari beberapa hal. Seperti halnya dihadiri dua saksi yang telah memenuhi persyaratan yaitu baligh dan sehat. Adanya prosesi ijab qobul sesuai aturan agama Islam. Terdapat wali yang statusnya langsung ataupun diwakilkan oleh orang lain.

  1. Tidak Ada Unsur Paksaan

Cara nikah siri tanpa sepengetahuan keluarga agar bisa tetap terlaksana jika diantara kedua pihak tak ada unsur paksaan. Maksudnya adalah, proses pernikahan berlangsung atas dasar mau sama mau. Jadi, tanpa izin sekalipun nikah siri dapat berlangsung seperti biasanya.

Selain itu, syarat lainnya adalah pastikan bahwa mempelai pria tidak diperbolehkan jika memiliki 4 orang istri. Kalau begitu, maka sekalipun dilangsungkan tanpa paksaan, prosesi pernikahan dianggap tak sah. Maksimal jumlah istri dari pihak laki-laki yaitu 3.

  1. Tidak Berlangsung Saat Umrah Atau Ihram

Syarat selanjutnya yang wajib dipenuhi agar dapat melangsungkan prosesi adalah nikah siri tidak dilakukan ketika sedang umrah atau ihram. Kalaupun ingin berangkat haji, ada baiknya agar pernikahan dilakukan sebelumnya. Kalau tidak, maka dianggap tak sah.

Perlu Anda ketahui, nikah siri adalah sebuah pernikahan yang tidak sah secara UUD negara. Namun, perihal agama keabsahan terjamin selama memenuhi syarat beserta ketentuan. Jadi poinnya adalah pastikan bahwa rukun-rukunnya terpenuhi keseluruhannnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara nikah siri tanpa sepengetahuan keluarga. Pada intinya adalah, selama kedua mempelai atau calon pengantin memenuhi rukun nikah, maka prosesi bisa berlangsung. Tapi, lebih baik lagi jika atas izin orang tua (wali resmi).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *