Ciri-ciri Merek yang Mudah Diingat

Brand yang berhasil berkembang di pasaran biasanya memiliki merek yang mudah diingat dan dikenali. Karena merek tersebut menjadi identitas yang akan tertempel di benak masyarakat terhadap suatu produk atau bisnis. Apa saja ciri-ciri merek yang bagus dan menarik agar mudah diingat?

Ciri-ciri Merek yang Mudah Diingat

Merek yang mudah diingat biasanya unik, simple, dan menarik baik dari segi nama, logo, warna, unsur lainnya. Oleh karena itu, bagi para pelaku bisnis yang ingin memulai usaha sebaiknya memahami kriteria apa saja untuk membangun elemen merek. Sehingga merek tersebut lebih mudah diingat dan dikenali.

  1. Memorable

Unsur pertama yang harus dipenuhi dalam membangun merek adalah harus mudah diingat dan dikenali. Merek yang mudah diingat biasanya akan menempel di benak masyarakat sehingga mendukung tingkat ekuitas dan awareness pasar.

Ketika suatu brand sudah dikenal oleh masyarakat luas maka lebih mudah untuk mengatur strategi promosi dan meningkatkan penjualan.

  1. Meaningful

Maksud meaningful disini adalah suatu merek harus memiliki kredibilitas dan daya persuasif serta sugestif di mata masyarakat. Contohnya seperti gaya dalam image visual, mudah diucapkan secara verbal, menimbulkan keceriaan, dan lain sebagainya.

  1. Protectability

Setiap merek yang dibuat untuk suatu produk atau bisnis sebaiknya segera didaftarkan secara resmi melalui Indonesia trademark registration. Sehingga merek tersebut nantinya akan mendapatkan perlindungan hukum dan meningkatkan keamanan baik secara hukum maupun dalam persaingan bisnis.

  1. Adaptability

Setiap unsur dan elemen dalam sebuah merek baik dari segi nama maupun logo gambar harus bersifat fleksibel sehingga mudah diperbarui dan disesuaikan konteksnya. Meskipun merek sebaiknya untuk jangka panjang namun ada kalanya terkadang perubahan menuntut untuk melakukan sedikit pembaharuan.

  1. Transferability

Merek yang bagus dan menarik sebaiknya sifatnya global dan mobile. Baik dari segi kategori produk, batasan budaya, maupun geografis wilayah. Sehingga pasar yang bisa dicapai pun semakin luas tidak hanya lokal namun juga internasional.

Ciri-ciri merek di atas perlu Anda pahami agar bisa menentukan nama merek yang pas untuk usaha yang akan dijalani. Karena bagaimanapun juga peran merek sangat penting untuk meningkatkan branding.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *