Dasar Hukum Pinjaman Uang Online

Dasar Hukum Pinjaman Uang Online – Beberapa waktu belakangan banyak orang terjerat kasus terkait pinjaman online. Hal ini membuat masyarakat menjadi resah. Bahkan tidak sedikit pula yang penasaran dan mencari informasi lebih dalam di berbagai situs seperti rkonline.id mengenai pinjol.

Definisi Pinjaman Uang Online

Apakah Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman online?. Sebelum itu ada baiknya pahami terlebih dahulu tentang definisinya. Secara singkatnya pengertian pinjol sendiri menurut rkonline.id merupakan sebuah program atau layanan kredit uang yang ditawarkan oleh sebuah perusahan secara online.

Perusahaan penyedia layanan kredit online ini biasa dikenal dengan sebutan fintech. Sekilas cerita pinjol merupakan salah satu inovasi produk baru yang kini gencar ditawarkan oleh lembaga keuangan. Fasilitas tersebut diberikan bertujuan agar memudahkan nasabah tanpa perlu antri di Bank.

Sudah jelas dari namanya, secara sistem semua proses pengajuan pinjaman ini dilakukan secara online melalui aplikasi. Calon nasabah bisa mengunduh software tersebut melalui Google Play atau Apps Store, baru setelah itu mengikuti proses registrasi dan verifikasi untuk mengirimkan permohonan.

Dasar Hukum Pinjaman Uang Online di Indonesia

Setelah dipaparkan sebelumnya mengenai definisi, penting juga bagi Anda untuk memahami tentang dasar hukum pinjaman online. Sama seperti kredit lain, di Indonesia semua peraturan terkait pinjol termuat dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016.

Pada pasal 6 POJK 77/2016 secara lebih rinci dijelaskan mengenai batasan pemberian pinjaman dana. Aturan tersebut menjelaskan bahwa kreditur wajib melunasi sesuai tenor dengan jumlah kredit maksimum Rp 2.000.000. Dasar hukum ini juga membahas ketentuan besaran bunga dan denda.

Dasar hukum lainnya yang digunakan di Indonesia yakni Peraturan Bank Indonesia nomor 19/12/PBI/2017. Dimana disitu dijelaskan bahwa layanan kredit secara online merupakan salah satu produk dari penyelenggara teknologi finansial masuk dalam kategori keuangan.

Demikianlah ulasan singkat dari rkonline.id seputar definisi serta dasar hukum pinjaman online di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai pinjol dan terhindar dari berbagai persoalan kemudian berkaitan dengan kredit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *