Jenis-Jenis Agregat Pembuatan Beton

Jenis-Jenis Agregat Pembuatan Beton

Bahan pembuatan sebuah beton terdiri dari berbagai jenis. Semua komponen tersebut saling mendukung satu sama lain sehingga membentuk adonan dengan kualitas bagus. Salah satunya adalah pada cor siap pakai dari pabrik. Dapatkan harga ready mix per m3 terbaru.

Jenis-Jenis Agregat Pembuatan Beton

Situs indojayareadymix menerangkan, agregat merupakan salah satu bahan campuran pembuatan beton yang mempengaruhi kualitasnya. Bentuk butiran dari material ini terbagi menjadi beberapa jenis. Simak ulasan lengkapnya seperti di bawah ini.

  1. Agregat Bulat

Jenis butiran agregat yang pertama adalah bulat. Bentuk ini mempunyai rongga udara minimum 33 %. Dengan begitu, rasio permukaan volume kecil membutuhkan pasta semen sedikit sehingga mampu menghasilkan beton kualitas baik.

Ada jenis butiran beton bulat sebagian. Maksudnya adalah agregat mempunyai sekitar 35 sampai 38 % sehingga butuh pasta lebih banyak. Ikatan antar butirnya memiliki daya ikat lebih baik dari jenis bulat saja. Namun, tidak cocok untuk cor mutu tinggi.

  1. Agrergat Bersudut

Berikutnya adalah jenis butiran agregat dengan bentuk bersudut. Ini merupakan bahan yang mempunyai rongga antara 38 sampai dengan 40 %. Setiap ikatan saling mendukung membentuk daya lekat baik. Maka dari itu, membutuhkan pasta semen banyak.

Bentuk agregat bersudut cocok digunakan dalam pembuatan beton dengan mutu tinggi. Sebagai contoh, pada pekerjaan konstruksi jalan raya. Segera dapatkan harga ready mix per m3 terbaik dan sesuaikan berdasarkan kebutuhan pembangunan Anda.

  1. Agregat Panjang dan Pipih

Terakhir ada bentuk butiran panjang dan pipih. Jenis panjang mempunyai ukuran terbesar lebih dari 9/5 rata-rata. Maksudnya adalah dari ukuran ayakan yang meloloskan dan menahan semua butir-butir pasir tersebut.

Sedangkan, bentuk butiran pipih adalah agregat dengan ukuran paling kecil. Butirannya kurang dari 3/5 ukuran rata-ratanya. Kedua jenis tersebut bisa digunakan untuk pembuatan mutu beton dengan kualitas bagus.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis agregat dalam pembuatan beton. Segera cek harga ready mix per m3 terbaru dan terbaik. Sesuaikanlah mutu berdasarkan kebutuhan konstruksi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *