Jenis Kertas Foto Percetakan

Jenis Kertas Foto Percetakan

Berbeda dengan zaman dahulu, pada masa kini yang terkenal dengan kecanggihan teknologi. Semakin berkualitas hasil gambar yang didapatkan, karena adanya jenis kertas foto percetakan yang memiliki keunggulan yang bermacam-macam.

Beberapa Jenis Kertas Foto Percetakan

Hasil dari foto tak hanya dipengaruhi oleh kamera saja, akan tetapi diperlukan jenis printer hingga kertas yang dihasilkan nantinya. Sama seperti cetak buku, foto juga memerlukan hasil yang maksimal agar tampilannya bagus dan sesuai dengan keinginan.

1. Kertas Glossy

Salah satu jenis kertas foto yang paling banyak digunakan ialah glossy. Biasanya dipakai dengan kualitas sedang, akan tetapi hasil fotonya sangat tajam serta menghasilkan saturasi warna cukup cerah. Jadi, sangat direkomendasikan karena menampilkan cetakan lebih hidup.

Kertas glossy ini tidak menghasilkan tampilan yang bertekstur saat dipindah menjadi format digital, kertas ini cenderung menempel di kaca dan juga sangat rentan terhadap sidik jari. Jika sudah tersentuh, akan meninggalkan bekas. Apalagi sifatnya mudah sekali lengket.

2. Kertas Matte

Sedangkan untuk kertas matte yang sering anda lihat di tempat percetakan ini memiliki ciri permukaan yang cenderung lebih bertekstur dan juga sedikit refleksi cahaya. Jenis satu ini cocok ketika akan digunakan untuk mencetak foto hitam putih yang hasilnya menampilkan kesan klasik. Biasanya sering digunakan oleh para profesional.

Kertas matte ini mudah sekali menyerap tinta. Jadi, bila Anda ingin menaruh fotonya ke dalam frame maka kertas inilah yang paling tepat dipilih. Apalagi sifatnya lebih awet dan juga tidak lengket, berbeda dengan kertas glossy. Bahkan juga tahan terhadap goresan.

3. Kertas Laster

Kertas laster adalah salah satu jenis kertas foto yang bisa dikatakan paling awet bila dibandingkan dengan kertas lainnya. Dengan keunggulan tersebut, biasanya kertas laster seringkali digunakan untuk kepentingan cetak dokumenter. Itu karena memang sifatnya sangat bagus dan tahan lama.

Ciri khas dari kertas laster sendiri ialah permukaannya seperti kulit jeruk. Bahkan banyak sekali orang-orang yang merasa puas dengan keunggulan yang dimiliki oleh kertas ini. Jadi, bila Anda ingin menekuni bidang digital printing, maka kertas satu ini bisa dijadikan alternatif.

Begitulah beberapa penjelasan terkait jenis kertas foto percetakan yang biasanya banyak digunakan oleh seorang professional atau bahkan kepentingan percetakan sekalipun. Semoga artikel di atas dapat dijadikan inspirasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *