Penyebab Penyakit Wasir Pada Wanita Hamil

Penyebab Penyakit Wasir Pada Wanita Hamil – Banyak wanita mengalami wasir untuk pertama kali saat hamil. Secara umum, wanita sering mengalami varises di berbagai bagian tubuh termasuk area rektal saat hamil. Wasir selama kehamilan sering kali disebabkan oleh peningkatan jumlah darah yang beredar di tubuh yang menyebabkan pembuluh darah membengkak, kadar hormon yang berfluktuasi, dan sembelit yang konstan.

Penyebab Penyakit Wasir Pada Wanita Hamil

5 Penyebab Utama Penyakit Wasir Pada Wanita Hamil

Meningkatnya Tekanan

Wasir selama kehamilan sering terjadi karena rahim yang tumbuh memberi tekanan tambahan pada vena yang menopang panggul dan vena kava inferior, vena besar yang ditemukan di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tungkai bawah. Sirkulasi darah melambat ketika kembali dari bagian bawah tubuh dan dengan demikian meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di bawah rahim dan pada gilirannya menyebabkannya membengkak atau melebar.

Hormon Berfluktuasi

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kadar progesteron dalam tubuh yang dapat mengendurkan atau melembutkan dinding seluler pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah berfungsi tidak semestinya dan kolaps, yang pada akhirnya menyebabkan wasir. Peningkatan progesteron juga memperlambat saluran usus yang berkontribusi pada sembelit, penyebab utama wasir.

Sembelit

Ibu hamil sering mengalami sembelit saat hamil, sehingga mereka sulit buang air besar. Mengejan terus-menerus selama buang air besar sering kali menyebabkan wasir.

Gejala Wasir Pada Wanita Hamil

Wasir pada wanita hamil bervariasi dalam tingkat keparahan dan ukurannya; beberapa mungkin sekecil kismis sementara yang lain bisa tumbuh cukup besar jika tidak ditangani. Orang lain mungkin hanya gatal sementara yang lain bisa terasa sakit atau menyebabkan pendarahan rektal. Jaringan massa yang meradang atau bengkak yang menonjol melalui anus, terutama saat buang air besar, biasanya merupakan tanda wasir.

Kerawanan

Meskipun wasir sering terjadi selama kehamilan, tidak semua wanita hamil akan mengalaminya. Wanita yang pernah menderita wasir sebelum kehamilan lebih mungkin mengalaminya lagi saat hamil. Yang lain mengembangkan wasir selama kala dua persalinan karena dorongan dan tekanan yang konstan.

Pengobatan Wasir Untuk Ibu Hamil

Wasir akan hilang dengan sendirinya (setelah hamil atau selama). Beberapa menggunakan obat setelah kehamilan untuk mengobati wasir lebih cepat. Obat tersebut dibeli pada supllier jual obat wasir di jogja yang terpercaya dan amanah. Ada cara alami untuk meredakan atau mengobati wasir, yang umumnya dianggap aman untuk ibu hamil. Beberapa di antaranya termasuk mengoleskan kompres es ke area yang terkena pada berbagai waktu dalam sehari untuk mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan. Beberapa kompres dingin jenuh dengan witch hazel untuk mendapatkan kelegaan tambahan.

Merendam pantat seseorang dengan mandi sitz juga sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit. Perawatan dingin dan hangat secara bergantian (kompres dingin dan mandi sitz hangat, misalnya) juga merupakan metode yang populer untuk mengobati wasir. Wanita hamil dapat meminta dokter untuk merekomendasikan salep atau supositoria topikal yang aman jika mereka menderita wasir yang parah.

Pencegahan

Meskipun wanita hamil rentan terkena wasir, masih ada beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan terkena wasir. Cara terbaik adalah dengan makan makanan tinggi serat, banyak minum air putih dan berolahraga secara teratur (disarankan aman untuk ibu hamil). Seperti biasa, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *