Resiko Trading Saham yang Harus Diketahui Pemula

Trading saham memang memberikan banyak sekali keuntungan. Namun, di sisi lain ada juga beberapa resiko yang penting sekali untuk diketahui para pemula. Meskipun begitu, sebenarnya resiko trading saham juga bisa diminimalisir dengan menerapkan strategi yang tepat.

3 Resiko yang Mungkin Terjadi Dalam Trading Saham

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika trading saham mempunyai beberapa resiko. Meskipun begitu, sampai saat ini masih banyak orang yang melakukannya karena memberikan banyak keuntungan. Di samping itu, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui apa saja Resiko yang mungkin terjadi.

  1. Perusahaan Bangkrut

Resiko trading saham yang mungkin saja bisa terjadi yaitu bangkrutnya perusahaan. Tentunya jika perusahaan trading saham tersebut bangkrut, maka anda tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Meskipun begitu, resiko tersebut bisa diminimalisir dengan beberapa cara.

Salah satu cara yang paling bisa diterapkan yaitu memilih perusahaan saham yang menjanjikan alias tidak akan bangkrut. Jadi, cara belajar trading saham untuk pemula ini penting sekali dipertimbangkan.

  1. Resiko Likuiditas Saham

Resiko lainnya yang mungkin saja terjadi saat melakukan trading saham yaitu likuiditas saham. Resiko ini bisa disebabkan karena saham yang Anda beli tidak tersedia transaksi yang cukup memadai pada pasar sekunder.

Inilah kenapa dalam melakukan tips trading saham, penting sekali untuk membeli saham yang berasal dari perusahaan terbaik. Maksudnya, pastikan jika perusahaan tersebut mempunyai kondisi keuangan yang sehat dan dapat berkembang. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti nama baik dari perusahaan tersebut.

  1. Resiko Fluktuasi

Melakukan trading saham juga kemungkinan bisa terjadi resiko fluktuasi. Perlu diketahui jika resiko ini disebabkan karena harga saham yang Anda miliki harganya turun drastis. Namun, penurunan harga ini biasanya terjadi sementara, sehingga masih ada kemungkinan untuk mengalami peningkatan.

Dengan kata lain, kerugian yang didapatkan dengan adanya resiko ini tidak akan mencapai 100%. Apalagi jika anda menerapkan strategi yang tepat, pasti akan cepat diatasi.

Adanya beberapa resiko trading saham tersebut memberikan pemahaman bagi pemula agar tidak salah strategi. Selain itu, cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko tersebut yaitu memilih perusahaan saham yang terpercaya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *