Sistem Pengajuan Hak Merek di Jasa Pendaftaran Merek

Perlu Anda ketahui bahwa sistem pengajuan hak merek di jasa pendaftaran merek yang ada di Indonesia adalah first to file. Sistem ini memberikan keuntungan kepada pihak yang mendaftar merek pertama meskipun merek tersebut sebenarnya adalah milik orang lain. Apa saja fakta tentang sistem ini?

Fakta Sistem First to File dari Jasa Pendaftaran Merek

Pengertian dari sistem first to file saat mengajukan permohonan hak merek di jasa pendaftaran merek adalah bahwa merek hanya akan diberikan kepada pihak yang mengajukan permintaan lebih dulu. Artinya jika ada pihak yang mendaftar dengan merek yang sama otomatis akan ditolak.

  1. Constitutive System’

Maksud dari sistem konstitutif sendiri adalah hak atas merek yang lahir karena pendaftaran. Merek yang telah terdaftar di Dirjen HKI secara otomatis akan mendapatkan perlindungan hukum. Pemohon atau pemilik merek akan mendapatkan hak eksklusif dalam jangka waktu 10 tahun.

Dengan hak eksklusif tersebut, pemilik marah yang dinyatakan secara sah dapat melarang tindakan apapun yang mengatasnamakan merek mereka. Termasuk mengajukan gugatan atau laporan jika ditemukan adanya pelanggaran berupa plagiasi dan lainnya.

  1. Pengajuan Gugatan Sebagai Solusi

Ketika Anda memiliki merek, bukan berarti hak merek akan menjadi milik sepenuhnya. Karena jika ada pihak lain yang telah mendaftarkan merek tersebut terlebih dahulu, artinya pendaftaran yang diajukan akan tertolak secara otomatis karena ditemukan adanya kesamaan.

Namun, jika Anda tidak terima lantaran merek tersebut sudah dibangun dengan susah payah maka bisa mengajukan gugatan. langkah hukum ini menjadi satu-satunya solusi untuk memperoleh merek yang telah terlanjur didaftar oleh pihak lain tanpa seizin pemilik aslinya.

  1. Trademark Search (Penelusuran Merek)

Sebelum memutuskan untuk membuat suatu merek atas produk barang atau jasa yang akan dijual, alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu di Dirjen HKI. Tujuannya untuk mengetahui apakah merek yang akan dipakai sudah terdaftar atas nama pihak lain atau belum.

Jika belum terdaftar, maka sebaiknya segera lakukan pendaftaran hak merek sebelum pihak lain yang melakukannya.

Sistem first to file untuk mendaftarkan merek di jasa pendaftaran merek ini memang terkesan kurang menguntungkan bagi pemilik merek yang asli. Namun, tak perlu khawatir karena ada solusi yang bisa dilakukan yakni dengan mengajukan gugatan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *