Strategi Bisnis Jasa di Masa Pandemi

Bagaimana strategi bisnis jasa di masa pandemi yang tepat? Ya, bisnis jasa adalah salah satu jenis usaha yang banyak terdampak selama pandemi. Contohnya seperti jasa penginapan, transportasi, perawatan kecantikan, salon, dan lain sebagainya. Mereka terpaksa tidak bisa melayani karena adanya aturan social distancing.

Strategi Bisnis Jasa Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Jika belum mampu ekspansi secara luas, maka bertahan adalah hal yang harus dilakukan oleh para pengusaha di masa pandemi. Setidaknya mereka harus bertahan meskipun kondisi sedang sulit.

Berikut ini beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan agar tetap berhasil selama masa pandemi, di antaranya:

  1. Kreatif dan Inovatif Melihat Peluang Bisnis

Pandemi Covid-19 secara otomatis mengubah gaya hidup dan kebiasaan masyarakat yang tadinya hobi nongkrong harus menahan diri untuk banyak di rumah saja. Tujuan social distancing dan program #dirumahsaja tentu saja adalah untuk kebaikan publik agar virus tidak mudah menyebar.

Namun, di satu sisi ada kalangan pengusaha yang mengalami dampak dari kebijakan tersebut. Bahkan ada juga yang sampai harus gulung tikar karena tidak mampu bertahan. Oleh karena itu, buatlah inovasi contohnya seperti home treatment alias menerima panggilan untuk memberikan jasanya. Contoh lain juga bisa Anda lihat dalam laman https://bisnisonlinekuy.com/.

  1. Menjalankan Strategi Marketing in Crysis

Bertahan di masa pandemi memang tidak mudah dan butuh usaha kerjas. Agar bisnis tetap berjalan dan tidak terancam tutup, maa diperlukan marketing in crysis. Strategi yang bisa dilakukan seperti memberikan promo atau diskon menarik, delivery order, penjualan melalui e-commerce, dan lain sebagainya.

  1. Mengikuti Tren Belanja Konsumen

Sejak pandemi, tren dan kebiasaan masyarakat yang mulai berpindah ke e-commerce atau belanja online semakin marak. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki banyak ruang gerak di luar rumah dan diharuskan untuk di rumah saja dalam melakukan segala aktivitasnya.

Agar bisnis Anda tetap bertahan, maka coba cari cara barang apa yang bisa dijual secara onine. Contoh, jika bergerak di bidang jasa salon dan kecantikan maka bisa menawarkan produk-produk skincare atau layanan home treatment kepada konsumen.

Strategi bisnis jasa di masa pandemi harus dieksekusi dengan baik agar bisa bertahan untuk jangka panjang. Jika bisa melewati masalah selama pandemi, artinya perusahaan tersebut cukup kuat untuk terus bertahan dalam waktu yang lama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *